Suatu hari di Tiny Dolce,

Jane: Hey, Lia! Udah lama di sini?

Lia: Hey, Ci Jane! Baru banget sampai nih....

Jane: Oke! Kita langsung mulai aja, ya, rencana kita?

Lia: Boleh!!  Eh, tapi sebelumnya ci, mari kita sapa dulu nih para sahabat Tiny Dolce.

Jane: Oh iya! Hello Tiny Dolce readers! JanexLia here! Kita mau ngapain, sih, di sini, Liii?

Lia: Tentu saja kita mau merusuh di rumah Tiny Dolce . Becanda deh hahaha. Jadi ceritanya.. Oke, Ci Jane aja deh yang kasih tahu...

Jane: Lah, dilempar balik *cubit Lia* Ok, jadi hari ini kita mau bagi-bagiin rekomendasi buku spesifik untuk wanita pekerja. Who’s excited?? ((unjuk tangan))

Lia: Aku! Aku! Aku! Tapi berarti yang pria nggak boleh baca dong, Cii?

Jane: Eits, kata siapa? Para pria tentu boleh ikutan baca. Siapa tahu ingin memberi hadiah buat teman atau pasangannya kan, nah barangkali ada buku-buku di bawah yang cucok untuk dijadikan hadiah.

Lia: Hwaa! Aku jadi nggak sabar banget untuk segera membagi-bagikan racun ke teman-teman ((kretekin tangan))

Jane: Hahahaha. Baiklah! Kalau gitu, Lia mulai duluan ya.

Lia: Siap Ci Jane! Teman-teman, yuk duduk yang manis, lipat tangannya, dan yuk kita masuk ke bagian rekomendasi buku dari JanexLia~ Here we go!


Last Tang Standing by Lauren Ho

Why this book:

Saat ngomongin “Wanita Pekerja”, novel ini menjadi judul yang pertama kali muncul di benakku. Kenapa? Karena karakter utama dari novel ini adalah seorang Wanita pekerja yang berada pada usia 30-an dan aku suka sekali dengan karakternya sebab menggambarkan sosok wanita yang mandiri, kuat serta ambisius dalam hal karir.

Belakangan ini dari yang aku lihat, semakin banyak wanita yang ingin menjadi sosok seperti karakter yang ada di dalam buku Last Tang Standing ini dan menurutku hal tersebut jika dipandang dari kacamata positif, merupakan suatu hal yang baik adanya, sehingga aku ingin merekomendasikan buku ini agar bisa dibaca oleh lebih banyak orang di luar sana.

Cerita dalam buku ini tidak hanya menceritakan tentang kehidupan sehari-hari seorang Wanita Pekerja, tapi juga menceritakan tentang cinta dan persahabatan. Hal yang membuatku suka dengan cerita ini selain karena karakter utamanya, juga karena kisah cintanya yang bikin perasaan jadi campur aduk antara gemes karena kesal dan gemes karena terlalu sweet.

Oiya, ceritanya juga memiliki fase yang cepat, jadi nggak berasa tuh baca segitu banyak halaman karena ceritanya cepat dan nagih banget untuk dibaca. Terakhir, buku ini tersedia dalam versi Bahasa Inggris dan terjemahan, jadi untuk teman-teman yang lebih suka baca buku dalam Bahasa Inggris bisa juga baca buku ini.

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Suka dengan genre Metropop, Enemy to Lovers Trope, karakter utama Wanita, penulisan dengan gaya buku harian, dan cocok untuk kamu yang suka dengan buku Crazy Rich Asian atau Ganjil Genap (karena buku Last Tang Standing memiliki nuansa yang serupa).

Buku ini bisa dibaca di:

Gramedia Digital dengan langganan Fiksi Premium/Full Premium untuk versi digitalnya atau beli buku fisiknya di toko buku kesayanganmu!



Malibu Rising by Taylor Jenkins Reid

Why this book:

Salah satu best read aku di tahun ini dan aku ingin meracuni teman-teman dengan best read-ku yang satu ini . Aku suka sekali dengan gaya kepenulisan sang penulis yang meskipun ditulis dalam Bahasa Inggris, namun masih bisa dengan mudah dimengerti dan mengalir sekali saat membacanya. Emosi-emosi yang ada juga tersampaikan dengan baik, sampai mampu membuatku sebagai pembaca ikut merasakannya (entah apakah saya yang terlalu baper ).

Bercerita tentang Nina Riva yang merupakan seorang model surfing terkenal dan bagaimana dia berusaha untuk terus bisa menghidupi adik-adiknya sedari kecil. Kita akan diajak untuk mengenal sosok sang Ayah yang fenomenal, bagaimana proses bertemunya dengan sang Ibu, proses kehidupan keluarga mereka dan bagaimana kedekatan Nina dan adik-adiknya. Wah, pokoknya cerita ini sedari awal saja sudah mengundang percikan amarah, dan semakin lama membuat pembaca menjadi kesal, simpati, sedih dan terharu, semua emosi muncul deh . Pokoknya 4 jempol untuk sang penulis!!

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Suka dengan family drama, porsi romance yang tidak dominan dan suka jika dibuat menangis dan emosi oleh sebuah buku.

Buku ini bisa dibaca di:

Aplikasi Kindle by Amazon untuk versi digitalnya atau beli buku fisiknya di toko buku Periplus. Semoga bisa ada versi terjemahannya segera.



Atomic Habits by James Clear

Why this book:

Sebagai seorang yang baru mulai memasuki dunia kerja atau yang sudah lama berkecimpung di dunia kerja, terkadang kita menemukan kesulitan untuk bisa menyesuaikan diri dengan hal-hal baru yang ingin kita kerjakan karena keterbatasan waktu atau tenaga.

Lewat buku Atomic Habits ini, James Clear (sang penulis), mengajak kita untuk memahami konsep Atomic Habits dan bagaimana cara kita untuk menerapkan hal-hal  baru yang ingin kita kerjakan agar bisa masuk dengan kebiasaan lama kita dan agar hal tersebut bisa berubah menjadi kebiasaan.

Setiap proses penerapan disertai dengan contoh yang diambil dari kehidupan orang-orang yang telah berhasil melakukan proses tersebut. Hal ini membuatku sebagai pembaca jadi melihat bahwa cara yang disajikan memang praktikal, masuk akal dan bisa berhasil dilakukan jika ada kemauan tentunya .

Meskipun terkesan berat, namun saat membaca buku non-fiksi yang satu ini, aku malah merasa pembahasan yang dibawakan termasuk ringan, mungkin karena gaya kepenulisannya yang piawai dalam menyampaikan topik berat menjadi ringan dan enak dibaca.

Buku ini tersedia dalam Bahasa Inggris dan terjemahan. Aku sendiri membacanya dalam bentuk terjemahan dan menurutku terjemahannya sudah bagus banget sehingga jadi nyaman untuk dibaca. So don’t worry untuk teman-teman yang ingin membacanya dalam versi terjemahan.

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Penyuka buku self-improvement yang praktikal, ingin memulai kebiasaan baru namun selalu merasa sulit.

Buku ini bisa dibaca di:

Gramedia Digital dengan berlangganan Non-Fiksi Premium/Full Premium untuk versi digital terjemahan, di Google Play Book atau Kindle untuk versi digital terjemahan dan untuk buku fisiknya bisa ditemukan di Gramedia (untuk terjemahan) dan Periplus (untuk Bahasa Inggris).


Lia: Nah, giliranku sudah selesai. Sekarang giliran Ci Jane yang meracuni teman-teman!

Jane: Okay! Now it’s my turn!



Gadis Minimarket (Convenience Store Woman) by Murata Sayaka

Why this book:

Buku ini seperti cermin yang memantulkan keadaan sosial di sekitar kita. Ternyata budaya kepo (ikut campur urusan personal orang lain) nggak cuma ditemukan di Indonesia, bahkan masyarakat yang terkenal individualis seperti Jepang pun punya concern yang sama.

Mengisahkan Keiko, seorang wanita lajang berusia pertengahan 30-an, yang menikmati pekerjaannya sebagai pramuniaga di sebuah minimarket. Ketika Keiko merasa hidupnya baik-baik saja, orang-orang di sekitarnya justru menilainya “aneh” dan tidak memiliki hidup yang berarti.

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Merasa “bersalah” karena standar kehidupan kamu nggak sesuai dengan standar masyarakat pada umumnya (or even your parents), mungkin kamu bisa mengenal lebih jauh dan “berteman baik” dengan Keiko, sang tokoh utama di novel ini. For me, she’s brave and amazing. Nggak mudah memang menjadi seorang idealis di tengah tuntutan masyarakat.

Buku ini bisa dibaca di:

Gramedia Digital or you can find the physical book in any local (online) bookstore!



Safe Haven by Nicholas Sparks

Why this book:

This is not your usual romance slash chic lit novel. Sebagai pencinta novel romance, this book is everything to me.

Bercerita tentang seorang wanita muda misterius bernama Katie, yang memulai kehidupannya kembali setelah berhasil melarikan diri dari suaminya yang abusive. Meski hari ke hari kehidupan baru miliknya semakin baik dan dia perlahan menemukan jati diri yang baru, masa lalu yang ditinggalkan Katie tanpa closure terus membayanginya.

Spark’s writing style is breathtaking. Cara menyampaikan cerita masing-masing karakter serta pemilihan diksi sangat sangat indah. Coba aja dulu guru Bahasa Inggris di sekolah nugasin untuk baca novel ini, kayaknya aku nggak akan keberatan, deh.

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Menyukai drama romance dengan sentuhan thriller dan sedikit “tegangan”, you will appreciate this book as much as I do!  And nope, this is not your typical Gone Girl book, hahahaha.

Buku ini bisa dibaca di:

I’m not sure you can read it via e-book or not, karena kebetulan buku fisik punyaku nggak beli di Indonesia dan udah berusia kurang lebih tujuh tahun. Tapi rasanya di e-commerce ada, deh. Just make sure belinya original, ya!

Btw, novel ini juga sudah diadaptasi ke layar lebar, dibintangi oleh Julianne Hough dan Josh Duhamel (helloooow, handsome! :P). Filmnya pun sama-sama mempesona, duh!



The Joy of Missing Out by Tanya Dalton

Why this book:

Awalnya kukira ini buku manejemen leha-leha, ternyata ini buku tentang produktivitas! Waw!

Joy of Missing Out (JOMO) adalah lawan dari FOMO (fear of missing out). Penulis “menjanjikan” bahwa gaya hidup JOMO nggak membuat kamu kudet atau menjadi orang yang membosankan. Malah sebaliknya, metode JOMO akan membantu kita untuk menentukan dan menyusun daftar prioritas yang dibedakan dalam tiga tingkat: PERCEPAT (penting dan mendesak); PUPUK (penting tapi bukan mendesak); AKOMODASI (tidak penting namun mendesak).

Dalam hal produktivitas, we can always start somewhere, salah satunya bisa dimulai dari memperjelas prioritas hidup kamu (:

Buku ini cocok untuk kamu yang:

Siapa pun yang struggle dalam menata prioritas hidup sehari-hari. Atau buat kamu yang ingin berhenti multi-tasking (karena menurut buku ini, multi-tasking adalah mitos), this book could help you a bit.

Buku ini bisa dibaca di:

Kamu bisa baca versi terjemahannya dari Bentang Pustaka, you can find it anywhere. I got mine from Tokopedia!


Jane: That’s a wrap!

Lia: Yessss! Finally, kita bisa merekomendasi buku bacaan favorit kita pada teman-teman Tiny Dolce, ya, Cii!

Jane: Huhuhu, hepi sekali akutu. Semoga teman-teman suka dengan rekomendasi kami berdua, ya!

Lia: Dan seperti biasa, kalau teman-teman punya rekomendasi pribadi, silakan sharing di kolom komentar! We would like to knowww. Dan terakhir, terima kasih juga untuk Kak Mega yang telah mengundang JanexLia untuk bertamu di Tinydolce. It means a lot for us!!

Jane: Sekian dari kami berdua. Saya Jane...

Lia: Dan saya Lia...

JanexLia: Kami undur diri dan salam hangat untuk teman-teman semua. See you when we see you! Bye-bye!!


Catatan Pemilik Blog:

Ini bermula dari saya yang males nulis tiap minggu pengen menampilkan sesuatu, tapi sesuatu itu bukan expertise saya. Yes, I’m talking about book reviews, sesuatu yang memang jarang saya lakukan. Pengen sih bikin “rubrik” begini di blog sendiri, tapi sadar diri gak kuat kalo merutinkannya.

Berangkat dari situ, maka saya percaya dengan kekuatan di sekitar a.k.a. teman-teman blogger HEHE. Dua orang yang saya tahu memiliki passion di bidang perbukuan ini adalah Jane dan Lia, yang juga punya seri kolaborasi dengan judul JaneXLia. Maka, tercetuslah: Kenapa nggak minta teman sesama blogger aja untuk menampilkan hal tersebut di blog saya?

Meskipun judulnya “rekomendasi buku untuk wanita pekerja”, tapi sebenarnya buku ini universal. Karena spektrum “wanita pekerja” itu luas; mulai dari yang berkarir di rumah, di lapangan, hingga di kantor. Buku-buku di atas akan tetap enjoyable dibaca cowok juga. But maaaaybe, kalau kalian adalah wanita bekerja (seperti eike), akan relate dengan buku-buku di atas.

Sebagai blogger, saya ini nggak konsisten, meskipun ngakunya sudah ngeblog bertahun-tahun.  Periode ngeblog dua tahun terakhir bisa dibilang adalah yang paling “konsisten” dari saya, meskipun terhitung lackluster dibanding orang lain.

Berkat ngeblog rutin ini juga saya jadi dapat kenalan-kenalan hebat yang bisa saya bilang “teman” juga. Temen-temenku hebat semua huhu. Dan saya bersyukur Jane dan Lia berkenan buat mengisi blog saya ini--padahal traffic blognya jelas-jelas gedean mereka, hihihi….

Terima kasih untuk JaneXLia -- please visit their series of posts on their respective blogs as well, meskipun ku tahu mayoritas traffic di sini juga pasti tahu mereka!

janereggievia.com | wordsofthedreamer.com

Karena sedang proses pindahan, belum bisa blogwalking dan balas komen properly, tapi akan segera kembali ke hadapan anda~

Salam,

Mega (dan Jane) (dan Lia) (yang berbaik hati membuatkan konten untukku)

LANGGANAN NEWSLETTER DI SINI