Life Log #001 - Mencoba Menjadikan Menulis Rutinitas (Lagi)

by - May 10, 2018



Akhirnya tiba lagi saatnya saya mengisi blog ini dengan sesuatu yang lebih diary-ish. Setelah dua tahun terakhir mencoba meningkatkan intensitas ngeblog dan sepertinya masih belum optimal, tahun ini saya tidak ingin kalah. 

Tetapi karena saya juga masih meraba-raba, jadinya saya masih bingung dengan jadwal penulisan blog ini. Makanya, entri ini sebenarnya saya post dengan backdate. Ditulisnya akhir minggu, tetapi dijadwal untuk dipost tanggal 10. Jeda tanggal semata-mata agar terlihat lebih estetis saja. Pardon me and my weird perfectionism.

Sekali pun selama beberapa tahun terakhir blog ini jarang diperbaharui isinya, saya sebenarnya tetap menulis jurnal. Entah jurnal tertulis maupun digital, di blog lain yang alamatnya tidak diketahui manusia normal maupun privat. Jurnal sehari-hari saya tersebar di berbagai media. Karena blog ini memang saya khususkan untuk tulisan yang lebih 'refined', jadinya blog ini pun lebih sering kosong.

Tapi rasanya, aneh juga kalau blog ini hanya terisi dengan konten semi-artikel, ya. Sekali pun semuanya juga sama-sama pendapat pribadi dan menyelipkan cerita kehidupan sehari-hari, sepertinya blog saya tetap butuh entri tanpa struktur seperti ini. Jadi beginilah sambil berusaha mencari jadwal yang enak untuk menulis.

Tahun kemarin, saya bisa dibilang nggak menulis sama sekali. Jadilah, tahun ini saya lumayan berapi-api untuk mengisi blog ini lagi. (kontennya masih sedikit, tapi buat saya ini sudah termasuk berapi-api, jadi gitu lah ya.) Ternyata sekarang saya bisa menemukan waktu untuk menulis meskipun kesibukan kantor masih tetap banyak dan padat. Memang yang penting itu niat.

Setelah kemarin menulis di media yang tida konsisten (kadang digital, kadang manual. Kadang di sini, kadang di sana) sekarang waktunya naik level sedikit. Minimal tempat menulis jurnal hariannya harus selalu sama, lah. Karena sekarang saya aktif kembali menulis blog, jurnal harian rencananya akan saya tulis manual, di binder yang dulu saya pakai waktu kuliah.

Sama seperti log yang direncanakan akan rutin dinomori seperti ini, jurnal harian juga harus saya nomori hahaha. Mudah-mudahan saja nanti lebih linear dan makin banyak. bangga juga kan kalau lihat dokumentasi yang rapi. (Saya doang sih yang bangga).

Minggu depan sudah masuk Ramadhan, Insya Allah saya juga ada lebih banyak waktu untuk menulis (semoga). Semoga selain ada waktu lebih, diberikan kesehatan lebih juga.

Recently....

Listening to Playlist saya masih belum banyak berubah; masih lagu-lagu random. Rilisan baru yang sekarang lagi sering saya dengarkan adalah lagu terbaru Troye Sivan, Bloom. Menurut saya suara Troye nggak begitu bagus, tetapi lagu-lagunya super nagih. Oh, Latar belakang lagu ini juga lumayan kontroversial: it's a bottom anthem for sure. Jarang-jarang saya menemukan lagu yang bercerita gamblang soal percintaan gay, apalagi tentang pengalaman seks.

Obsessed with Classical Musician's React Series dari ReacttotheK! Saya sudah nggak begitu update lagi sama kpop (karena sudah punya daftar musisi yang disuka dan cenderung lebih memperhatikan skena independen atau RnB), tapi channel reaction ini menarik sekali untuk ditonton. Biasanya channel reaction cuma ngomongin soal gantengnya orang atau tampilan visual MV, tetapi channel ini berbeda karena menampilkan sudut pandang dari segi musik yang sangat detail.

Ini karena yang mengomentari adalah mahasiswa-mahasiswa Konservatori Musik Eastman, and honestly, it's very entertaining sekali pun saya nggak ngerti apa-apa soal musik hahaha. Kalau suka k-pop dan ingin sekalian belajar dan nontonin college kids having fun, coba aja nonton ini. Ujung-ujungnya jejangan bisa binge watching kayak saya.

Reading Nothing at the moment, masih blog-blog yang biasa saya baca saja. Oh, saya juga lebih sering blogwalking sekarang. Lumayan kan, waktu yang biasa dipakai browsing gajelas ditukar jadi blogwalking. Saya gagal melalui reading challenge saya bulan lalu, jadi bulan ini saya belum memilih buku untuk dibaca. Setelah nulis ini, kayaknya besok saya harus mampir ke perpustakaan, deh.

You May Also Like

5 comments

  1. Sesekali menulis tanpa beban semacam mengisi jurnal malah melatih kemamluan nulis kita mba, jd lebih lancar aja gtu dibanding kalau ada pean sponsor atau tema yg ditentukan grup blogger.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehe iya mbak. awalnya sih idealis tapi sekarang dimulai dari merutinkan menulis dulu deh. terima kasih udah mampir :D

      Delete
  2. Tahun ini saya tidak terlalu banyak mengisi blog, karena kadang asyik ngisi artikel di media online..hehe. btw, Selamat menunaikan ibadah puasa, ya Mbak..

    ReplyDelete
  3. welcome back, mega!
    sama nih aku juga tahun ini ga sempet banyak nulis, banyak kerjaannya huhu. tapi mencoba mengembalikan rutinitas lagi :)

    XOXO, Cilla
    www.mkartikandini.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk sama sama nulis rutin biar numpuk post. bakal diawasin nih, dipastiin postnya ada teruss :9 thanks for blogwalking, cilla!

      Delete

let's share, do tell! got a blog? I'll visit yours too :)